info@bintangmira.com
Phone: +62 812-2323-2414


Perempuan dan Cara Unggul Pengelolaan Hutang

Perkenalkan nama saya bintang mirA, seorang ibu rumah tangga dan profesi saya adalah designer batikbali. Saya mempunyai hobi mengajar dan menulis tentang apapun yang berhubungan dengan perempuan dan anak remaja.

Kali ini saya diberi kesempatan untuk menulis apapun tentang pemberdayaan perempuan dan pengetahuan tentang apa yang bisa membuat perempuan menjadi lebih cantik, pintar, sehat, dan berdaya. Topik yang akan saya bawakan adalah “Perempuan dan Cara Unggul Pengelolaan Hutang“. Maksud dari tulisan ini adalah agar ke depan kita bisa bebas dari hutang (konsumtif) dan mulai bisa belajar berinvestasi.

Marilah kita mulai stepnya satu persatu sebagai berikut.

Step 1, How Much Debt Do You Really Have?

It’s time to get real about your debt and answer the question: how much debt you have. Ini adalah waktu yang tepat untuk jujur menjawab berapa hutang Anda. Menurut Oprah kebanyakan orang tidak mau menghitung dan menulis secara detail berapa hutang mereka. Ataupun kalau mereka tahu, pasangannya tidak mempunyai visi yang sama untuk menyelesaikan hutang. Kalaupun mau, niat untuk membayar hutang tidak pernah terwujud dengan menciptakan pengeluaran yang tidak urgent atau bahkan menciptakan hutang-hutang baru.

Oprah setuju bahwa saat ini adalah saat yang tepat dan mendesak untuk merinci secara detail berapa hutang Anda dan berapa bunga banknya. Pada saat Anda sudah tahu berapa hutang Anda secara keseluruhan, Anda bisa membayar dan membuat perencanaan untuk menurunkan jumlah total hutang Anda. Luangkan waktu untuk merenung secara mendalam mengapa Anda mengeluarkan uang secara sembarang. Hal ini akan membantu Anda untuk mengendalikan pengeluaran Anda untuk ke depannya, dan memastikan debt diet tidak hanya berlaku untuk sesaat tetapi menjadi gaya hidup Anda. Untuk yang mempunyai masalah keuangan atau hutang yang tidak pernah terselesaikan silakan googling “Debt diet Oprah Winfrey” dan cek satu-persatu step-stepnya sebagai berikut.

Step 1. Berapa besar hutang Anda sesungguhnya? (tulis satu-persatu dan jujurlah).

Step 2. Telusuri berapa pengeluaran Anda dan cek berapa yang bisa diturunkan biayanya atau bahkan dihapuskan sementara.

Step 3. Belajar permainan credit card game (bisa di cek di website tersebut).

Step 4. Stop berbelanja yang tidak penting.

Step 5. Membuat list pengeluaran di awal bulan dan dipisahkan dalam amplop.

Step 6. Lakukan perubahan besar dengan menjual aset atau mencari pekerjaan sampingan.

Step 7. Prioritaskan membayar hutang yang terkecil dan meningkat ke pembayaran hutang yang lebih besar lagi (kalau Anda mempunyai beberapa hutang).

Step 8. Memahami mengapa Anda ingin mengeluarkan uang belanja yang tidak penting. Silakan cek dan isi kuisnya dan data beberapa hal dengan tekun.

Step 9. Segera selesaikan hutang kepada orang lain yang belum Anda bayar. beritikad baiklah karena apabila Anda menghambat rezeki orang rezeki kitalah yang terhambat.

If you do what you always did, you will get what you always got. Semoga bermanfaat.

I love Gianyar, I love Bali, I love Indonesia.

 

© Copyright bintang mirA. All Rights Reserved. Designed and maintained by baliwebpro.com